Pencarian Cepat

Cara memperbaiki Wireless tidak menyala Pada Laptop Axioo

Bagaimana untuk memperbaiki wifi Laptop Axioo yang tidak menyala. Pernahkah Anda mengalami kerusakan nirkabel laptop, seperti lampu wirelessnya tidak menyala? Yup ini adalah kejadian yang saya alami kemarin.

Jadi ceritanya adalah kawan yang mau service laptop merk Axioo dengan spesifikasi sebagai berikut:

Intel® Atom™ processor N270 ~ 1.6Ghz, 512Kb L2 Cache, FSB 533MHz (On Board)
1GB (DDR2 667 MHz, PC5300)
160 GB SATA HDD
10″ TFT 1024 x 600 resolution (WXGA)
VGA Intel GMA950 64MB (shared)
Integrated 10/100 Mb Base-T Ethernet and Wi-Fi 802.11 b/g
1.3 MP Video Camera Module
3 in 1 Card Reader Support (MMC/SD/MS)
3 x USB 2.0 Ports (USB 1.1 Compatible), 1 x External CRT, 1 x Headphone Jack, 1 x Microphone Jack, 1 x Internal Microphone, 1 x RJ-45 Jack for LAN, 1x DC-In Jack


Setelah diteliti, ternyata lampu-lampu  tanda wireless tidak aktif/tidak menyala walaupun sudah on/off switch pada tombol wireless laptop. Kata pemilik laptop, wirelessnya sebelumnya nyala dan bisa terhubung ke internet tapi sekarang tidak lagi.
 
Setelah memeriksa driver laptop untuk menjaga kemungkinan kerusakan driver, ternyata wirelessnya masih tidak aktif. Karena bingung, akhirnya saya mencoba menggunakan tombol fungsi untuk lihat mengaktifkan/menonaktifkan wireless. (Dalam kasus laptop axioo yang saya tangani terletak di tombol F2) 
 
Jika kerusakan atau masalah wireless laptop Anda seperti ini, mungkin bisa memakai langkah-langkah yang saya gunakan dalam memperbaiki laptop. 
 
Langkah demi langkah bagaimana memperbaiki Wireless Laptop 
 
-tekan dan tahan pada yang Fn + Logo Wireless (dalam kasus laptop yang saya perbaiki adalah Fn + F2). 
 
-Setelah itu akan tampil 4 Logo dengan kata-kata masing-masing: aktifkan bluetooth,aktifkan wireless, aktifkan bluetooth/wireless, nonaktifkan bluetooth/wireless 
 
-ternyata Settingannya telah berubah untuk menonaktifkan Bloutooth/Wireless 
 
-karena sudah tahu masalahnya, maka untuk mengubahnya tekan tombol panah kiri/kanan dan pilih mengaktifkan nirkabel lalu tekan enter 
 
hasilnya lampu wireless kembali nyala dan dapat terhubung ke internet. Ternyata sederhana ya 
 
Semoga tips ini dapat digunakan tidak hanya untuk laptop Axioo, tetapi juga merk lain seperti: acer, HP, toshiba, dll dengan prinsip yang sama.

1 comments: